Tahukah kamu tentang pendidikan di Eropa?

Posted · 1 Comment
World spot

World spot

Kalau berbicara tentang Eropa, kita akan terbayang negara-negara adidaya yang punya segudang objek wisata seperti Big Ben di Inggris, Tembok Berlin di Jerman, atau Menara Eiffel di Perancis. Tapi selain objek wisatanya, Eropa juga memiliki keunggulan lain, yaitu pendidikannya. Ada sekitar 3000 pelajar dari Indonesia yang memilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Eropa tiap tahunnya, termasuk salah satu tokoh proklamasi negara kita yaitu Mohammad Hatta, yang pernah mengenyam pendidikan tinggi di Belanda. Para pelajar ini tidak salah pilih karena banyak universitas di Eropa yang masuk dalam 100 universitas terbaik di dunia! Ini berarti bagi kamu yang ingin mendapatkan pendidikan dengan kualitas terbaik, dapat mempertimbangkan perguruan tinggi di Eropa sebagai salah satu tujuan.
Universitas di Eropa memiliki berbagai program pendidikan tinggi mulai dari program sarjana, pascasarjana, serta doktorat, dengan beragam pilihan jurusan seperti seni, sosial, politik, bahasa, sampai sains. Uniknya lagi, Eropa memiliki banyak program studi yang terkadang belum ada di universitas di Indonesia, sehingga buat kamu yang ingin mengembangkan diri melalui bidang tersebut dapat memilih Eropa untuk melanjutkan pendidikan. Perguruan tinggi di Eropa juga menawarkan metode-metode pengajaran terdepan yang berpusat pada siswa (student centered instructional method), mulai dari seminar, kegiatan kelompok, sampai belajar langsung dari praktisi. Dengan metode ini, kamu akan didorong untuk aktif belajar secara mandiri, berpikir kritis, dan mampu memotivasi diri sendiri. Jadi ilmu yang kamu pelajari akan terserap secara maksimal.
Mungkin kamu berpikir sekolah di Eropa lebih repot. Hal ini tidak serta merta benar adanya. Banyak perguruan tinggi di Eropa menawarkan program studi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Ini memudahkan pelajar dari luar Eropa. Ada juga beberapa jurusan yang menggunakan bahasa nasional negara masing-masing tetapi dilengkapi dengan kelas persiapan untuk mempelajari bahasa setempat sebelum program studi dimulai.
Saat ini tersedia berbagai situs dari tiap negara di Eropa yang memberikan informasi lengkap mengenai berbagai persiapan yang dibutuhkan pelajar apabila ingin kuliah di Eropa, termasuk situs ini. Karena itu, sering-seringlah kunjungi studieropa.com untuk mendapatkan berbagai informasi berguna mengenai studi di Eropa. Sampai jumpa minggu depan!